Oleh: Syamsul Hilal Ramsah
Sesungguhnya Luwu pernah menjadi Taklukan Gowa.
Mungkin kalimat ini sebagian orang tidak bisa menerima, tapi begitulah
informasi tertulis yang didapat dari sumber Lontarak, termasuk yang ditulis
sendiri oleh pallontarak Luwu. Bahkan peniliti sejarah seperti Cristian Pelras
dan Leonard Andaya mengamini hal tersebut, tentu hal ini berdasar pada sumber
tertulis dari masing-masing kerajaan di Sulawesi selatan. Peristiwa itu terjadi
diperkirakan pada abad -15 akhir (tahun 1400-an akhir). Leonard Andaya dan
Cristian Pelras menyebut bahwa sebelum abad- 15, yaitu sejak periode To
Manurung Simpurusiang di Luwu (diperkirakan diabad -13 atau tahun 1200-an),
terdapat dua kerajaan besar yang memiliki Supremasi di Sulsel yaitu KeDatuan
Luwu di pesisir Timur Sulsel sampai ke Sulawesi Tengah, sulawesi tenggara dan
Wadeng (gorontalo). Dan di pesisir barat Supremasi itu dipegang oleh Kerajaan
Siang yang berpusat di Pangkep sekarang.
Seiring dengan dinamika sosial politik di tanah
Celebes, dan mungkin juga dipengaruhi oleh perkembangan dunia luar, diakhir
abad-15 menguat dua kerajaan yang kelak memegang supremasi di tanah Celebes
yaitu Kerajaan Gowa dan Bone. Menguatnya dua kerajaan ini menorehkan dua orang
nama Raja yang masyhur pada masa itu, di GOWA Raja itu bernama KaraEng
Tumaparisi Kallona dan di Bone bernama La Tenri Sukki MappajungE (digelar
MappajungE karena keberhasilannya merebut Pajung Merah Raja Luwu di Cenrana
yang bernama La Dewa Raja Datu Kelali yang juga bergelar Batara Lattu).
Setelah La Dewa Raja Datu Kelali ManingoE ri Bajo
wafat, terdapat utusan KeDatuan Luwu ke Wajo yang pada saat itu Arung Matoa
Wajo dipegang oleh La Tadampare Puang ri Maggalattung dalam keperluan
”Mabbarata” (Mabbarata biasanya dilakukan dengan membawa bakul ke negeri
bawahan untuk diisi sebagai ungkapan bela sungkawa atas kematian Raja).
Sebagaimana diketahui bahwa perjanjian di Topaccedo antara Tosengereng Dewa
Raja dengan Puang ri Maggalattung, sebelum menyerang Sidenreng menaikkan status
Wajo dari Anak Luwu menjadi negeri yang setara dengan Luwu. Sehingga Puang ri
Maggalattung menolak dan marah atas sikap Luwu yang menginginkannya untuk
Mabbarata, karena Mabbarata itu hanyalah berlaku bagi negeri bawahan. Kemarahan
Puang ri Maggalattung ini dilampiaskan dengan menyerang Tana sitonraE ( Tempe,
Wage, Sengkang, Tampangeng) sehingga Tana SitonraE jatuh dan menjadi milik
wajo. Yang tidak sepakat bergabung dengan Wajo berangkat menuju ke Luwu
termasuk dalam hal ini adalah Arung WagE.
Kematian Dewa Raja menjadikan tahta Luwu berganti ke
putranya yang bernama Datu SANGGARIA yang juga bergelar anumerta Petta MatinroE
ri Bajo. Menurut lontarak A. Luwu Datu Sanggaria berhasil kembali naik ke
CENRANA yang sebelumnya sudah direbut oleh Bone. Tapi tidak lama berselang
Pasukan Gowa dibawah Pimpinan Raja Gowa KaraEng Tumaparisi Kallona berhasil membumi
hanguskan Cenrana sebagai ibu kota Luwu dengan kekalahan Datu Sanggaria. Sejak
saat itulah Luwu berkewajiban membawa Upeti (Makkasiwiang) ke Gowa sampai di
Era La Patiware Dg Parambong MatinroE ri Ware’, sebagaimana tertulis dalam
lontarak luwu sebagai berikut.
===== Apongenna tuli kui ri Gowa LaO makkasiwiang
sibawa Ade’na Luwu iamaneng// Nasiagai ittana tuli kui ri Gowa makkasiwiang
Luwu namangingngina ade’na Luwu tuli lao makkasiwiang ri Gowa// Jaji masseddini
ade’na Luwu teani lao makkasiwiang ri Gowa// Naturu’ tona PajungE ri Luwu
matinroE ri Ware’// Na iya maniro ade’na Luwu riasengE Pallempa(ng) Marinding
(Bajo) mattangangi gau’E makkeda dE’ tu puang nawedding ripinra ripogau’
makkasiwiangE ri Gowa// Nakkarana majeppunna de’ napunnai ja’ napunnaimi
dEcEng// Nasaba iyaro Taroni mabEla ri sompereng narEkko punnaimui dEcEng na
dE’ mEmengsa ri sompereng sangadinna dEcEngE// nakkarana Majeppunna narEkko
ripinrai laowE makkasiwiang ri Gowa nasaba’ anu mabbiasang makkullEi matu’
napusai natabangkangang karaEngE ri Gowa// NarEkko matu’ napusai
natabangkangangi aga napucapa’ sangadinna sussa// Jaji akkoroi PajungE ri Luwu
matinroE ri Ware’ ritimbangennaro pallempa(ng) marinding// Na iya ade’na Luwu
LaingE dE’ na Akkoro ku ro ritimbangenna Pallempa(ng) Marinding// iya kiya iya
mua naturusi PajungE ri Luwu timbangenna Pallempa(ng) Marinding// Jaji
mapeddini atinna ade’ laingE kulao Pallempa Marinding// Gangkana engkana seddi
ade’na Luwu racungi Ico iyaro PallEmpa Marinding nacEddEna matE// Na Tanroni
alEna PallEmpa Marinding Makkeda “O Puang NarEkko walana Ajare’na Luwu uwitangi
napaterruka matE iya nassabari ri racukkuE”// NarEkko pajanengi adEcEngengna
mua Luwu uwitangi naupassuiro timbangengE olo napassu muni Dewata SeuwaE mosona
iyaE racungE icoE ri lalenna babuwaku// Na pammasEna Dewata SeuwaE massuniro
racungE polE ri babuwana gangkana majapa// Aga naiya mua naturusi PajungE ri
Luwu matinroE ri Ware’// Patettei abbiasana tuli laowEmua makkasiwiang ri Gowa
sibawa ade’na Luwu// Nagangkana matu ri munri engkana sEuwa wettu nalao
makkasiwiang ri Gowa PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ nassuna ana’na KaraEngE
ri Gowa majjaga ri duppai jaga PajungE// Nakkutanana PajungE makkeda “Iga
iyaro?”// Naripoadana Makkeda “Ana’na KaraEngE”// Jaji ripappahangini makkeda iyatu
atorenna narEkko Bali Boccona BoccoE makkutanangi ana’na bali boccona museti
ripobainEi// Gangkana terepassani napobainEna ana’na karaEngE// Aga rimunri
ncajiani ana seddi orowanE situdangeni bawinEna PajungE ri Luwu matinroE ri
Ware’// nakkalolo’na lao ri PallEmpa Marinding nakkedana PajungE ri Luwu//
Iyanaro nEnE’ tongetongemmu// Iyanaro nassabari namuengka ri linoE// Jaji
Tabbangkani bainena PajungE// Nasengi iyaro puana’i PajungE// Gangkana
bainEnaro PajungE napoadangi KaraEngE ri Gowa// Jaji Naodunni KaraEngE ri
adannaro dEnrE PajungE ri Luwu// Gangkana ri papahangi KaraEngE bettuanna
adannaro PajungE// Nappani napahang KaraEngE// Iyanaro dEnrE laolaona ri rampE
riaseE nanassabari nabawinE PajungE ri Luwu ri Gowa// Jaji iyanaro PallEmpa
Marinding tau ripabbati ri boccoE makkedaE tau madEcEng na mana’ lettu ri
wijanna//=====
Artinya:
====Semenjak Dewan adat Luwu sering memberi upeti ke Gowa// setelah sekian lama Luwu memberi upeti ke Gowa membuat dewan adat Luwu sudah merasa bosan/gerah untuk pergi membawa upeti ke Gowa// Jadi bersepakatlah dewan adat untuk tidak lagi membawa upeti ke Gowa// Dan diikuti pula oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// Nanti setelah seorang adat Luwu yang menjabat sebagai PallEmpang (Maddika) Marinding (Bajo) memberikan pandangannya bahwa Janganlah Tuanku merubah kebiasaan membawa upeti ke Gowa// itu disebabkan karena bukanlah sesuatu yang buruk ,tapi itu memberi kebaikan// Karena itulah biarlah jauh kita bepergian asal demi kebaikan dan memang bukanlah kita bepergian kecuali untuk kebaikan// Apabila jika kita merubah untuk pergi membawa upeti ke Gowa yang sudah menjadi kebiasaan kemungkinan nanti KaraEngE ri Gowa mengira kita membangkang// Apabila nanti kita membangkang apa yang diperoleh kecuali keadaan susah// Jadi PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// sedangkan Dewan adat Luwu yang lain tetap tidak sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// Tapi yang diikuti oleh PajungE ri Luwu yaitu saran dari PallEmpang Marinding// Maka sakit hatilah dewan adat yang lain kepada PallEmpang Marinding// sampai- sampai ada seorang adat Luwu meracuni tembakau PallEmpang marinding hingga hampir mati// merintih sambil menjatuhkan badannya, PallEmpang Marinding berucap “ O.. Tuanku kalau apa yang kusarankan tidak baik untuk Luwu biarlah saya mati disebabkan oleh racun ini// Tapi kalau memang apa yang kusarankan ini untuk kebaikan Luwu maka akan dikeluarkan oleh Dewata Seuwa bisa racun tembakau ini dari dalam perutku// atas rahmat Dewata Seuwa keluarlah racun itu dari dalam perutnya sampai sehat// Maka itulah yang diikuti oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// mempertahankan kebiasaan untuk pergi ke Gowa bersama adatnya membawa Upeti// hingga pada suatu hari PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ pergi membawa upeti ke Gowa, keluarlah putri KaraEngE ri Gowa MAJJAGA sebagai penyambutan untuk PajungE// Bertanyalah PajungE, Siapakah Dia?// Maka diberitahulah bahwa dia adalah Putri dari KaraEngE// Jadi diberikanlah pemahaman bahwa aturannya kalau Bali Boccona BoccoE mempertanyakan putri dari Bali Boccona mesti harus diperistri// Dengan terpaksa akhirnya memperistri putri dari KaraEngE// PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ telah duduk bersanding dengan istrinya dan mengatakan bahwa yang dibelakangnyalah yang melahirkan seorang laki-laki// bergeraklah sang Putri ketika melihat duduk PallEmpang Marinding dan mendekat ke arah Pallempang Marinding dan berkatalah PajungE ri Luwu// beliaulah nenekmu yang sebenar benarnya// beliaulah yang menyebabkan engkau ada di dunia// maka bangkitlah istri PajungE//mengira bahwa itulah ayah PajungE// sehingga istri PajungE memberitahu KaraEngE ri Gowa// Jadi terngianglah KaraEngE pada perkataan PajungE ri Luwu tadi// sehingga diberikanlah pemahaman kepada KaraEngE maksud dari perkataan PajungE// Barulah KaraEngE memahaminya// Itulah tadi orang yang disebut-sebut di atas yang menyebabkan PajungE ri Luwu beristri di Gowa// Jadi beliaulah PallEmpang Marinding Tau ripabbati ri boccoE bahwa keturunannya kelak adalah keturunan orang yang baik//=====
====Semenjak Dewan adat Luwu sering memberi upeti ke Gowa// setelah sekian lama Luwu memberi upeti ke Gowa membuat dewan adat Luwu sudah merasa bosan/gerah untuk pergi membawa upeti ke Gowa// Jadi bersepakatlah dewan adat untuk tidak lagi membawa upeti ke Gowa// Dan diikuti pula oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// Nanti setelah seorang adat Luwu yang menjabat sebagai PallEmpang (Maddika) Marinding (Bajo) memberikan pandangannya bahwa Janganlah Tuanku merubah kebiasaan membawa upeti ke Gowa// itu disebabkan karena bukanlah sesuatu yang buruk ,tapi itu memberi kebaikan// Karena itulah biarlah jauh kita bepergian asal demi kebaikan dan memang bukanlah kita bepergian kecuali untuk kebaikan// Apabila jika kita merubah untuk pergi membawa upeti ke Gowa yang sudah menjadi kebiasaan kemungkinan nanti KaraEngE ri Gowa mengira kita membangkang// Apabila nanti kita membangkang apa yang diperoleh kecuali keadaan susah// Jadi PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// sedangkan Dewan adat Luwu yang lain tetap tidak sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// Tapi yang diikuti oleh PajungE ri Luwu yaitu saran dari PallEmpang Marinding// Maka sakit hatilah dewan adat yang lain kepada PallEmpang Marinding// sampai- sampai ada seorang adat Luwu meracuni tembakau PallEmpang marinding hingga hampir mati// merintih sambil menjatuhkan badannya, PallEmpang Marinding berucap “ O.. Tuanku kalau apa yang kusarankan tidak baik untuk Luwu biarlah saya mati disebabkan oleh racun ini// Tapi kalau memang apa yang kusarankan ini untuk kebaikan Luwu maka akan dikeluarkan oleh Dewata Seuwa bisa racun tembakau ini dari dalam perutku// atas rahmat Dewata Seuwa keluarlah racun itu dari dalam perutnya sampai sehat// Maka itulah yang diikuti oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// mempertahankan kebiasaan untuk pergi ke Gowa bersama adatnya membawa Upeti// hingga pada suatu hari PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ pergi membawa upeti ke Gowa, keluarlah putri KaraEngE ri Gowa MAJJAGA sebagai penyambutan untuk PajungE// Bertanyalah PajungE, Siapakah Dia?// Maka diberitahulah bahwa dia adalah Putri dari KaraEngE// Jadi diberikanlah pemahaman bahwa aturannya kalau Bali Boccona BoccoE mempertanyakan putri dari Bali Boccona mesti harus diperistri// Dengan terpaksa akhirnya memperistri putri dari KaraEngE// PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ telah duduk bersanding dengan istrinya dan mengatakan bahwa yang dibelakangnyalah yang melahirkan seorang laki-laki// bergeraklah sang Putri ketika melihat duduk PallEmpang Marinding dan mendekat ke arah Pallempang Marinding dan berkatalah PajungE ri Luwu// beliaulah nenekmu yang sebenar benarnya// beliaulah yang menyebabkan engkau ada di dunia// maka bangkitlah istri PajungE//mengira bahwa itulah ayah PajungE// sehingga istri PajungE memberitahu KaraEngE ri Gowa// Jadi terngianglah KaraEngE pada perkataan PajungE ri Luwu tadi// sehingga diberikanlah pemahaman kepada KaraEngE maksud dari perkataan PajungE// Barulah KaraEngE memahaminya// Itulah tadi orang yang disebut-sebut di atas yang menyebabkan PajungE ri Luwu beristri di Gowa// Jadi beliaulah PallEmpang Marinding Tau ripabbati ri boccoE bahwa keturunannya kelak adalah keturunan orang yang baik//=====
Tidak ada komentar:
Posting Komentar